Tips Sukses Solo Travelling Untuk Pertama Kali

Spread the love

Berbagai cara dilakukan untuk menikmati masa liburan. Mulai dari destinasi yang ingin Anda tuju atau sesuatu yang ingin Anda konsumsi atau tentang tujuan perjalanan Anda dan dengan siapa partner jalan Anda. Untuk partner traveling, Anda bisa menikmatinya dengan seseorang yang membuat Anda senang dan nyaman misalkan dengan keluarga, pacar, teman, atau sahabat Anda. Bagi Anda yang tidak memiliki pacar atau mungkin keluarga Anda sedang sibuk mungkin Anda bisa melakukan perjalanan Anda seorang diri atau solo traveling.

Solo Travelling Bagi Pemula

Memang banyak orang yang suka traveling akan tetapi belum banyak orang yang menyukai Travelling sendiri atau solo traveler. Banyak alasannya misalnya takut tersasar atau takut karena tidak aman dan bisa jadi takut karena kesepian. Akan tetapi sebagian orang memiliki keyakinan dengan menjadi solo traveler maka justru akan lebih menyenangkan. Disamping mereka bebas untuk menentukan tempat tujuan, Anda juga bisa lebih mandiri dan bisa melatih kemampuan dalam beradaptasi.

Dengan solo traveler maka banyak yang bisa Anda dapatkan yang mungkin tidak Anda dapatkan ketika Anda melakukan traveling bersama orang lain misalnya Anda akan mendapatkan kenalan baru, hal ini karena dengan menjadi solo traveler maka Anda pasti akan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain yang pastinya belum Anda kenal sebelumnya. Maka tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin melakukan traveling dan cobalah sesuatu yang baru dengan menjadi solo traveling.

Tips Sukses Solo Traveling Agar Tetap Aman

Bagi Anda yang ingin melakukan sebuah perjalanan, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru misalnya dengan solo traveling. Tidak perlu ragu dan takut lagi, Anda bisa melakukan tips-tips berikut ini yang bisa Anda terapkan ketika akan memulai perjalanan solo Anda.

  1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum Anda memulai perjalanan Anda dengan solo traveling ini maka ada baiknya Anda mencari tahu dulu mengenai daerah atau tempat yang akan Anda kunjungi tersebut. Setelah Anda sudah memutuskan akan melakukan perjalanan kemana, maka cari tahu terlebih dahulu harga tiket ke tempat yang di tuju tersebut, kemudian akomodasi yang akan Anda keluarkan, tiket tempat-tempat wisata disana, budaya disana kemudian jam operasional dari transportasi umum yang ada disana.

Sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan penelusuran dengan searching dari blog-blog traveler yang pernah melakukan perjalanan yang sama untuk menemukan beberapa acuan terlebih dahulu mengenai perjalanan tersebut. Atau Anda juga bisa mengikuti sebuah forum yang relevan dengan tujuan Anda misalnya forum backpacker dan Anda jangan ragu untuk aktif dengan bertanya kepada mereka yang sebelumnya pernah melakukan perjalanan yang sama yang sudah berpengalaman sebelumnya.

  1. Itinerary dan Budgeting

Bagi Anda yang akan bepergian sendirian maka ada baiknya untuk merencanakan sebuah anggaran terlebih dahulu dan rencana perjalanan Anda yang matang. Dalam sebuah perencanaan, pastikan terlebih dahulu Anda sudah membuat sebuah rencana perjalanan secara detail dari awal pagi hari sampai kembali lagi pulang ke penginapan. Anda bisa membuat rincian terlebih dahulu akan menggunakan kendaraan apa untuk melakukan perjalanan tersebut misalnya pindah dari destinasi satu ke destinasi lainnya. Selain itu berapa banyak uang yang harus Anda perlukan untuk makan.

Akan tetapi panduan-panduan ini tentu saja tidak seratus persen wajib Anda jalani secara tepat. Akan sangat seru dan menarik tentunya jika Anda menemukan hal-hal baru yang akan terjadi dan tidak Anda duga selama melakukan perjalanan. Bisa saja Anda diajak untuk berkunjung ke rumah salah satu dari masyarakat lokal daerah sana. Akan tetapi setidaknya dengan adanya panduan tersebut maka Anda sudah punya rencana yang matang akan pergi kemana hari ini. Kemudian Anda akan selalu ada pilihan yang bisa Anda tentukan untuk melangkahkan ke destinasi wisata berikutnya untuk Anda jelajahi.

  1. Simpan dokumen dan uang Anda terpisah

Kita tidak tahu kejadian apa yang akan terjadi, mungkin saja ada kejahatan yang bisa saja terjadi kepada siapa pun, dimana pun dan kapan pun. Maka dengan begitu kita harus selalu waspada dengan kemungkinan yang akan terjadi. Sebaiknya jangan simpan semua uang dan kartu ATM Anda ke dalam dompet atau satu tempat. Pisahkan antara uang dan dokumen termasuk kartu ATM menjadi beberapa bagian lalu simpan dalam tempat yang berbeda.

Disamping itu sebelum Anda melakukan perjalanan, sebaiknya scan dan juga foto dokumen-dokumen yang penting tersebut, misalnya KTP, paspor dan lainnya. Hal tersebut sangat penting untuk berjaga-jaga ketika mengalami kejadian yang tidak terduga dan tidak kita inginkan misalnya kehilangan tas. Maka seluruh dokumen kita akan hilang. Dengan memiliki scan dan foto setidaknya kita masih memiliki data-data.

  1. Light packing

Dalam memulai perjalanan Sebagai solo traveler maka mau tidak mau Anda pasti Anda harus membawa semua barang-barang bawaan Anda sendiri. Terutama pada saat ingin pergi ke tempat penginapan ataupun berpindah kota. Maka sebaiknya bawalah beban bawaan seringan mungkin supaya tidak menyusahkan diri Anda sendiri nantinya. Terkadang dengan membawa koper yang ringan sering kali Anda ingin mengisinya dengan barang-barang yang tidak terlalu penting.  Maka lebih baik jangan membawa pakaian berlebihan untuk tidak membenahi tas koper Anda.

  1. Menginap di Penginapan

Jika Anda berencana untuk melakukan solo traveling maka Anda sebaiknya memilih penginapan seperti hostel. Karena jika Anda menggunakan hotel yang private maka Anda akan kesulitan untuk menemukan teman sesama solo traveler. Hostel tentunya akan menyediakan dorm yang disesuaikan dengan jenis kelamin maupun campur. Dilengkapi dengan ruang seperti dapur atau ruang rekreasi yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan solo traveler dari berbagai asal yang bisa menjadi teman selama perjalanan Anda.

Itu beberapa informasi mengenai tips bagi solo traveling yang bisa Anda jadikan sedikit panduan sebelum Anda melakukan perjalanan solo Anda. Supaya Anda merasa aman dan nyaman tentunya menyenangkan.